3 KUNCI INI AKAN MEMBUAT REZEKIMU SELALU MENGALIR. AMALKAN YUK!




Sumber gambar : merdeka.com
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Halo Guys, apa kabar hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan dan keselamatan yaa, terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini. Aamiin
Btw, ini adalah tulisan pertamaku ditahun 2020 lhoo, setelah sekian lama vakum menulis dikarenakan kesibukan kuliah dan mengajar. Doakan ya semoga istiqomah menebar manfaat. Aamiin.

Nah, ditulisan ini aku mau sharing kepada kalian semua 3 kunci yang bisa membuat rezeki selalu mengalir. Tahu gak sih? Rezeki itu tak  melulu harus berupa uang lho. Kesehatan, Nilai yang bagus ( bagi pelajar ), selalu dipertemukan dengan orang-orang yang baik, juga rezeki yang sering kali kita lupakan.

Apa saja sih 3 Kunci itu? Nah, langsung saja yuk.

1.    SEDEKAH / SODAQOH
Sumber gambar : muslim.or.id

Guys, harta  yang kita punyai, tidak sepenuhnya milik kita. Ada hak fakir miskin, anak yatim didalamnya yang harus kita berikan kepada mereka. Jadi, jangan lupa menyantuni anak yatim dan  memberi kepada fakir miskin, yaa..
Eits,  bukan kepada manusia saja. Nasi dan air yang kita berikan kepada kucing-kucing yang berkeliaran didepan rumah juga bisa disebut sedekah. So, jangan pelit-pelit jadi orang.
KH Mushtofa Bisri ( Gus Mus ) berkata : “Tidak ada alasan untuk tidak bersedekah kepada sesama. Karena sedekah tidak harus berupa harta. Tetapi bisa berupa ilmu, tenaga, bahkan senyum”.

Sesuai dengan Hadist, Rasulullah bersabda “Senyummu dihadapan saudaramu ( sesama muslim ) adalah ( bernilai ) sedekah bagimu.” ( HR. At Tirmidzi )
Tahu gak sih? Sedekah itu tidak hanya membuat rezeki kita lancar, tetapi banyak sekali manfaatnya. Diantaranya : menyembuhkan penyakit, memudahkan segala urusan, menolak bencana, didoakan Malaikat, menghapus dosa, dan menjauhkan diri dari  api neraka.
Setelah tau banyak sekali manfaat dari sedekah, masihkah kita mau  mengabaikannya?

2.    SHALAT DHUHA
Sumber gambar : replubika.co.id

Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu waktu ketika matahari mulai naik, kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya matahari hingga waktu dzuhur.
Nah, untuk jumlah rakaat shalat Dhuha minimal 2 rakaat dan maksumal 12 rakaat, dilakukan dalam dua rakaat satu salam.
Shalat Dhuha memiliki banyak sekali manfaat lho, guys. Diantaranya yaitu :

1.      Mengikuti sunnah Rasulullah SAW, sebagaimana beliau berwasiat kepada Abu Hurairah RA, ia berkata :
“Rasulullah SAW, kekasihku itu berwasiat padaku tiga hal. Pertama puasa tiga hari setiap bulan, kedua dua rokaat dhuha ( setiap hari  ), ketiga shalat witir sebelum tidur”

2.      Menjadikan diri bersih dari dosa. Sebagaimana hadist Abu Hurairah :
“Barang siapa menjaga shalat Dhuha, maka Allah akan mengampuni segala dosanya walaupun sebanyak buih di lautan”.

3.      Keutaman yang lain yaitu ditegaskan oleh Allah melalui Rasulullah SAW dalam hadist Qudsi,
Dari Abi Darda’ dan Abi Dzar dari Rasulullah SAW ( langsung ) dari Allah SWT, “Rukuklah untukku empat rakaat di permulaan hari ( pagi ). Maka Aku ( Allah ) akan mencukupimu disisa harimu”.

Selain itu, shalat Dhuha juga disamakan dengan sedekah. Rasulullah bersabda, “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat” ( HR. Muslim ).
Guys, shalat Dhuha minimal dilaksanakan dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat. Nah, setelah tahu banyak sekali manfaat shalat Dhuha, yuk istiqomah untuk melaksanakannya. Karena istiqomah lebih baik dari 1000 karomah. Jika kita sudah terbiasa, rasanya kurang afdhol jika dalam sehari belum melaksanakan shalat Dhuha.

3.MEMBACA SURAT AL-WAQIAH SECARA RUTIN
Sumber gambar : ruangmuslimah.com

Tips yang ketiga adalah membaca surat Al-Waqiah secara rutin setiap hari. Bagi yang belum tahu, surat Al-Waqiah adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang terletak pada Juz 27 dan terdiri dari 96 ayat. Surat ini disebut juga  Shuuratul Ghinaa ( Surat yang dapat membuat orang menjadi kaya ).

Dari Ibnu Mas’ud Ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda “Siapa yang membaca Al-Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan menderita kemiskinan selamanya” ( HR. Abu Ya’la ).
Nah, setelah tahu manfaat ajaib dari surat Al-Waqiah, yuk kita istiqomah untuk selalu membacanya.

Guys, berikut ini adalah petikan dari buku Ustadz Yusuf Mansur yang berjudul “DAHSYATNYA MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN”  yang rasanya sayang kalau tidak saya share disini :
“ Jadilah orang yang diperebutkan oleh amal sholeh.
Karena nanti di Akhirat, amalan-amalan itu akan memperebutkan para ahlinya.
-Ada yang diperebutkan oleh pintu Dhuha,
-Ada yang diperebutkan oleh Qiyamullail,
-Ada yang diperebutkan oleh pintu sedekah, dll.
Jangan sampai kita diperebutkan oleh pintu Neraka.
-Pintu zina memperebutkan kita,
-Pintu durhaka kepada orang tua memperebutkan kita,
-Pintu Ghibah memperebutkan kita.
Na’udzubillahimindzalik.

Selamat mengamalkan 3 Kunci rezeki ini yaa, guys. Semoga kita tergolong kedalam hamba-hamba yang beriman dan bertaqwa. Aamiin Allahumma Aamiinn.




Komentar

  1. mantap ibu..lanjutkan berkaryanya

    BalasHapus
  2. Terima kasih pak, insyaa Allah siap :)

    BalasHapus
  3. Sepakat bgt mbak. Sedekah dan salat duha emang the power of rezeki. Hihihi
    Duh aku jarang baca surah waqiah nih, semoga setelah baca ini jd semangat buat tadaruz. Hihi

    BalasHapus
  4. Aduh jadi inget dulu seneng banget ngikutin ceramah ustad ym. Di wisata hati salah satu tv swasta. Sampe download2in setiap plg kerja nntn..skrg udh mulai luntur ngamalin al waqiah...huhu..makasih mbak diingetin lg. Smg berkah

    BalasHapus
  5. masyallah mba untuk pengingatnya, saya baru sholat dhuha yang rutin, sedekah hanya kecil-kecil saja, dna waqiahnya hanya baru seminggu sekali, terima kasih mba sudah mengingatkan ini

    BalasHapus
  6. Rutin alias istiqomah melakukannya ya, sangat penting. Sebab dengan konsistennya menjalankannya insya allah memberikan manfaat, salah satunya rezeki yang tak diduga itu

    BalasHapus
  7. Makasih mbak sharingnya. Merutinkan ketiganya itu kelihatannya mudah. Tapi untuk memulai ya butuh effort juga

    BalasHapus
  8. Sering sekali baca tips tips seperti ini. Saya percaya sekali kekuatan doa. Tapi kenapa susah banget ngejalaninnya haha. Padahal janji Allah itu ngga pernah salah dan ngga pernah mengecewakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari paksaan, lama2 jadi kebiasaan, Mbak. Yukk istiqomah bareng ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  9. Bener banget ni, harus ada usaha yang keras untuk melakukannya, apalagi untuk shalat Dhuha, kalau emak-emak seperti saya, nanti dulu. Eh hari sudah tinggi dan mau Dzuhur aja. Semoga kedepannya bisa lebih semangat. Aamiin.

    BalasHapus
  10. Semangat semoga bisa mengamalkan semua yang disebutkan di artikel di atas. Meski terkesan mudah, nyatanya sering banget dilewatkan begitu saja.

    BalasHapus
  11. Non... kl baca Al-Waqiah ny tiap hbs sholat subuh, apa ada bedanya dgn dibaca tiap malam...???๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fadhilahnya sama mbk, intinya kalau bisa diusahakan setiap hari jgn lupa baca Al Waqiah. Semoga kita bisa istiqomah. Aamiin :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUDAHKAH KITA BERSYUKUR HARI INI?

WAHAI MUSLIMAH AMALKANLAH INI, MAKA INNER BEAUTY MU AKAN TERPANCAR !